be lazy in Wordpress

Bikin Blog dengan Domain dan Hosting Gratis

with 4 comments

Setelah googling ke sana kemari, tanya sana tanya sini akhirnya selesai juga blog yang saya bangun dengan manfaatin WordPress (menurut beberapa teman sih, masih menjadi blog terbaik untuk saat ini).

Kamu juga kepengin bisa? Ok, sekadar berbagi aja tanpa bermaksud menggurui, atau mungkin sebaiknya kita bahas bareng-bareng aja.

Apa aja yang perlu kita persiapkan? Untuk membangun sebuah webBlog atau situs tentu kita harus punya Domain dan Hosting kan? Kamu sudah pasti tahu fungsi dari keduanya. Nah, katakanlah kita akan membangun sebuah blog, Domain yang akan kita gunakan adalah layanan dari http://www.co.cc, sementara hostingnya 000webhost. Sebagai orang yang baru belajar dan butuh banyak latihan (khususnya saya) tidak ada salahnya kita coba dengan yang serba gratis dulu.

Nah, tahap pertama yang harus kita lakukan adalah mendapatkan Domain. Kunjungi www.co.cc, setelah berada pada halaman utama, ada dua pilihan tahapan, apakah kita akan mengecek ketersediaan nama domain yang kita inginkan terlebih dahulu atau melakukan registrasi. Pada prinsipnya sama saja karena kedua tahap ini tetap akan kita lewati.

halaman utama www.co.cc

Pada saat membuat blog ini, yang saya lakukan adalah registrasi terlebih dahulu lewat Create an account now. Masukkan data-data yang diminta. Setelah pendaftaran kita diterima, kemudian lakukan pengecekan ketersediaan nama domain yang kita inginkan lewat Getting A New Domain.

cek nama domain

Kebetulan nama ayo-ngeblog masih tersedia, tapi kalau nama domain kita telah digunakan oleh orang lain, kita bisa memilih salah satu nama yang ditawarkan, atau bisa cari alternatif nama lain yang pas menurut selera kita.

registrasi domain

Akhirnya selesailah registrasi domain kita, tapi, sayangnya kita hanya diberi waktu singkat (48 jam) untuk segera men-set up domain kita.

domain ok

Sebelum melakukan penyetingan, kita beralih dulu ke persoalan bagaimana untuk mendapatkan hostingnya, Ok?

Tanpa harus menutup dari halaman ini, buka satu halaman baru untuk masuk ke 000webhost.

Lagi-lagi kita harus melakukan pendaftaran sebagai syarat untuk mendapatkan hosting kita dan jangan lupa cantumkan nama domain pada saat pendaftaran ini.

create domain pada hosting

Setelah proses registrasi sukses, kita akan diberikan halaman keterangan hosting account, saya sarankan halaman ini didownload agar kita bisa mengingat user name dan password untuk kebutuhan masuk ke cpanel di waktu-waktu mendatang.

Selain itu kita akan mendapatkan informasi Nameserver yang akan digunakan untuk mensetup domain kita.

dns name server

Sekarang kita bisa men-setup domain kita. Kembali pada halaman penyetingan domain. Klik Setup, kemudian pilih Manage Domain. Isi kedua form Name Server kita dengan ns1.000webhost.com dan ns2. 000webhost.com

setup dns

Setelah selesai, kembali ke halaman 000webhost dan masuk ke control panel. Sekarang kita akan menyiapkan database yang nantinya akan kita gunakan dalam proses instalasi WordPress.

services software

Pilih Mysql, lalu create database dengan make a new databse, untuk nama database dan usernya kita isikan (misalnya saja: wp).

create database

Hasilnya akan terlihat seperti di bawah ini:

informasi database

Informasi database inilah yang akan kita fungsikan dalam proses instalasi WordPress.

Sebenarnya ada dua cara untuk melakukan instalasi WordPress, yakni secara manual melalui File Manager pada Files atau dengan menggunakan layanan Fantastico Autoinstaller pada Software/Service. Dalam kasus ini, kita akan coba menginstal WordPressnya melalui Fantastico Autoinstaller.

install wordpress dengan fantastico

Segala file yang diinstal/diupload hanya boleh diletakkan pada direktori /public_html/, termasuk juga untuk WordPress kita. Pada pilihan direktori instalasi kita kosongkan saja, agar WordPress kita otomatis diinstall pada direktori /public_html/.

Kemudian, kita akan melanjutkan proses installasi ini dari direktori /public_html/. Klik File Manager pada Files.

kelompok files

Setelah itu, kita masuk ke direktori /public_html/. Pilih file wp-config-sample.php, lalu edit. Di sini kita akan melakukan perubahan DB_NAME, DB_USER, dan seterusnya sesuai dengan databse yang telah kita buat sebelumnya.

seting database wordpress

Setelah selesai rename file wp-config-sample.php menjadi wp-config.php, simpan perubahan nama file tersebut.

Sekarang kita akan melanjutkan proses instalasi. Buka satu halaman baru, ketikkan http://www.ayo-ngeblog.co.cc/wp-admin/install.php maka secara otomatis kita akan dibawa pada proses instalasi WordPress. Coba saja lihat, alamat yang tampil pada browser sekarang. Isikan Blog Title dan alamat email kita, lalu lanjutkan instalasi WordPressnya.

proses instalasi

Jika proses ini sukses, kita akan diberikan user name dan password untuk login pada halaman admin blog kita. Nah, coba masuk pada halaman admin dengan menggunakan user name dan password yang telah diberikan. Dari dalam dasboard ini kita bisa melakukan apa saja, tergantung kita mau mulai dari mana. Saya sendiri langsung mencoba menggantikan tampilan blog dengan menambahkan themes yang bisa kita download secara gratis dari berbagai sumber.

Bagaimana dengan blog kamu?

Postingan ini disadur dari blognya mas SIGIT. trims mas

Written by lazymankz

July 15, 2008 at 1:56 pm

4 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. susah banget mas ga isaError establishing a database connection padahal semua udah aku settting sama spt tuturialmu

    cyberbodo

    July 29, 2008 at 8:59 am

  2. MURAHHH…… Rp 100rb /bln
    internet speed up cdma 3g atau modem cdma 3g untuk anda di p jawa,bali ,madura,medan,palembang
    ,makasar,banjarmasin,hub: lintasnet.com,JL.TAMAN BINTARO N010 SEKTOR 1 BINTARO JAYA JAKARTA SELATAN .TLP 0817-998-5563/021-91012887 VISIT:www.lintasnet.com
    atau email ke mitraku@lintasnet.com

    pijetin

    July 30, 2008 at 3:41 am

  3. PIJET OTOT DAN URAT SARAF ( ANATOMI TUBUH ) PENGOBATAN HUB:081399600648.

    pijetin

    July 30, 2008 at 3:44 am

  4. coba telusuri lagi..diulang dari awal,kayaknya ada yang kurang tu mas..biasanya yang banyak susahnya pas setting file manager nya..saya juga pertamanya gitu.. coba bikin account baru.terus pelan-pelan, jangan keburu-buru.hehehe..

    lazymankz

    July 31, 2008 at 2:48 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: